TINJAUAN HUKUM ATAS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENANGANAN PERKARA TINDAK PIDANA UMUM MENURUT PERATURAN JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR : PER - 036/A/JA/09/2011

Moh, Ruji Efendi (2017) TINJAUAN HUKUM ATAS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENANGANAN PERKARA TINDAK PIDANA UMUM MENURUT PERATURAN JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR : PER - 036/A/JA/09/2011. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
Pengantar RUJI.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Hukum dan masyarakat seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Berlakunya hukum memang didalam suatu tatanan sosial yang disebut masyarakat, oleh bangsa Romawi disebut sebagai ubi societas ibi ius yang menggambarkan betapa eratnya hubungan antara hukum dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Tugas dan Kewenangan Kejaksaan RI menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia dan untuk Mengetahui Penanganan Perkara Tindak Pidana Umum menurut Peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : PER - 036/A/JA/09/2011. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum normatif dengan melakukan kajian-kajian terhadap peraturan perundang-undangan dan teori hukum yang berhubungan dengan permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kejaksaan mempunyai tugas dan wewenang melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu berdasarkan undang-undang. Kejaksaan dapat meminta kepada hakim untuk menetapkan seorang terdakwa di rumah sakit atau tempat perawatan jiwa, atau tempat lain yang layak karena bersangkutan tidak mampu berdiri sendiri atau disebabkan oleh hal-hal yang dapat membaahyakan orang lain, lingkungan atau dirinya sendiri. Kejaksaan dapat diserahi tugas dan wewenang lain berdasarkan undang-undang. Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Kejaksaan membina hubungan kerjasama dengan badan penegak hukum dan keadilan serta badan negara atau instansi lainnya. Kejaksaan dapat memberikan pertimbangan dalam bidang hukum kepada instalasi pemerintah lainnya. Pasal 2 Peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : Per - 036/A/JA/09/2011 Tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Penanganan Perkara Tindak Pidana Umum, dijelaskan SOP penanganan perkara Tindak Pidana Urnurn berdasarkan atas asas kebenaran, keadilan, kepastian, dan kernantaatan hukurn. Pasal 3 Peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : Per - 036/A/JA/09/2011 bahwa SOP penanganan perkara Tindak Pidana Umum bertujuan untuk mewujudkan efektivitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalarn penanganan perkara Tindak Pidana Umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Hukum , Standar Operasional Prosedur (SOP), Penanganan Perkara Tindak Pidana Umum, Peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : Per - 036/A/JA/09/2011.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 03:55
Last Modified: 10 Mar 2019 03:55
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item View Item