PENGARUH IMBANGAN PROTEIN DAN ENERGI PAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS AYAM BROILER STRAIN COBB 500 DAN LOHMAN MB 202 PERIODE FINISHER

Khoirul, Rosikin (2017) PENGARUH IMBANGAN PROTEIN DAN ENERGI PAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS AYAM BROILER STRAIN COBB 500 DAN LOHMAN MB 202 PERIODE FINISHER. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Imbangan protein dan energi memiliki peranan yang sangat penting dalam ransum ayam broiler, karena akan berpengaruh terhadap ketersedian energi maupun protein di dalam tubuh ayam sebagai pertumbuhan berat badan ayam tersebut. Usaha untuk meningkatkan mutu genetik broiler telah banyak dilakukan oleh para pengusaha pembibitan dalam kurun waktu yang cukup lama. Tujuan penelitian adalah Menganalisis pengaruh imbangan protein dan energi pakan periode finisher terhadap produktivitas ayam broiler strain Cobb 500 dan Lohman MB 202. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai informasi tentang campuran pakan finisher yang baik bagi peternak broiler. Materi penelitian adalah ayam broiler strain Cobb 500 dan Lohman MB 202 yang dibeli dari toko peternakan didaerah Pamekasan. Penelitian ini dilakukan di kandang ayam broiler milik bapak Amir di Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, pada tanggal 21 Oktober 2016 – 25 November 2016. Metode penelitian adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap Faktorial yang terdiri dari, dua perlakuan dan lima kali ulangan pada masingmasing perlakuan. Perlakuan pertama dari strain ayam broiler yaitu Cobb 500 dan Lohman MB 202, perlakuan kedua pada campuran pakan yang diberikan. Data dianalisis ragam Annova dan dilanjutkan dengan Uji BNT. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kandungan protein dan energi pakan memberikan pengaruh terhadap konsumsi pakan (F )dan kandungan protein dan energi pakan memberikan pengaruh terhadap pertambahan berat badan dikarenakan (F hitung ≥ F tabel hitung ≥ F tabel ). Perbedaan penampilan ayam broiler pada kedua strain tidak menunjukan perbedaan secara nyata terhadap penampilan (konsumsi pakan, pertambahan berat badan, efisiensi dan konversi pakan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produktivitas ayam broiler tidak dipengaruhi oleh strain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa imbangan energi dan protein pakan pada penelitian ini dikatakan tidak efisien; produktivitas ayam broiler strain Cobb 500 dan Lohman MB 202 dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan campuran pakan standar pabrik konsentrat (K 102) 35%, jagung 55%, bekatul 10% dan Strain ayam broiler antara Lohman MB 202 dengan Cobb 500 mempunyai potensi genetik yang sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Imbangan, protein, energi, produktivitas, ayam_broiler
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 04:12
Last Modified: 10 Mar 2019 04:12
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item