PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. PANUTAN SELARAS CONSULTAN SAMPANG

MAULANA, FAJAR SINGGIH (2017) PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. PANUTAN SELARAS CONSULTAN SAMPANG. Sarjanathe thesis, MANAJEMEN.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Fajar Singgih Maulana. NPM. 20132100071. Prodi Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Madura. Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Panutan Selaras Consultan Sampang. Dibawah bimbingan Alfi Hasaniyah, SE, MM. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa, CV. Panutan Selaras Consultan sudah seharusnya memberikan pelayanan yang baik dan maksimal pada para konsumennya. Kualitas pelayanan merupakan titik sentral bagi perusahaan jasa karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; Apakah pelayanan reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy, dan tangibles (bukti fisik) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Panutan Selaras Consultan Sampang?, Variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Panutan Selaras Consultan Sampang?. Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif dengan tujuan untuk mengetahui hubungan interaktif antara dua variabel dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel (X) pelayanan, terhadap variabel (Y) kepuasan pelanggan pada CV. Panutan Selaras Consultan Sampang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variable bebas yang terdiri dari reliability (keandalan) (X1), responsiveness (ketanggapan) (X2), assurance (jaminan) (X3), empathy (X4), dan tangibles (bukti fisik) (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 8,454 dan apabila dikonsultasikan dengan F tabel sebesar 1,59. Jadi F hitung lebih besar dari F tabel. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari reliability (keandalan) (X1), responsiveness (ketanggapan) (X2), assurance (jaminan) (X3), empathy (X4), dan tangibles (bukti fisik) (X5) terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y). Dari hasil perhitungan dari kelima variabel bebas yaitu reliability (keandalan) (X1), responsiveness (ketanggapan) (X2), assurance (jaminan) (X3), empathy (X4), dan tangibles (bukti fisik) (X5), ternyata dari kelima variabel tersebut variabel assurance (jaminan) (X3) nilai t nya paling besar. Dengan demikian variabel assurance (jaminan) (X3) adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan pada CV. Panutan Selaras Consultan Sampang.

Item Type: Skripsi (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles), Kepuasan Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: S.Kom Tzauri wahdi
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:46
Last Modified: 04 Mar 2020 02:46
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item