PENGARUH PERSEPSI KEADILAN PAJAK TERHADAP PERILAKU KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KPP PRATAMA PAMEKASAN

Wahyudi, Dendy Firman (2019) PENGARUH PERSEPSI KEADILAN PAJAK TERHADAP PERILAKU KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KPP PRATAMA PAMEKASAN. Sarjanathe thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI +LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SAMPAI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Dendy Firman Wahyudi, Fakultas Ekonomi Universitas Madura. Pengaruh Persepsi Keadilan Pajak Terhadap Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Pamekasan. Dosen Pembimbing : Subhan, S.E., M.A, CERA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keadilan secara umum, timbal balik dengan pemerintah, kepentingan pribadi, ketentuan-ketentuan yang berlaku khusus, struktur tarif pajak berpengaruh terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak badan di KPP Pratama Pamekasan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif serta sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, populasi penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Pamekasan pada tahun 2016-2018 dan metode yang digunakan dalam menentukan sampel menggunakan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 35 wajib pajak badan berbentuk UMKM. Guna membuktikan hipotesis dilakukan uji regresi linier berganda yang diawali dengan uji asumsi klasik yakni uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keadilan secara umum memiliki regresi positif sebesar 0,312 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa keadilan secara umum secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak badan. Timbal balik dengan pemerintah memiliki regresi positif sebesar 0,137 dengan nilai signifikan sebesar 0,026 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa timbal balik dengan pemerintah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak badan. Kepentingan pribadi memiliki regresi positif sebesar 0,223 dengan nilai signifikan sebesar 0,01 < 0,05 hal ini menunjukan kepentingan pribadi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak badan. Ketentuan-ketentuan yang berlaku khusus memiliki regresi positif sebesar 0,143 dengan nilai signifikan sebesar 0,017 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa ketentuanketentuan yang berlaku khusus secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak badan. Dan struktur tarif pajakmemiliki regresi positif sebesar 0,225 dengan nilai signifikan sebesar 0,10 > 0,05 hal ini menunjukkan bahwa struktur tarif pajak secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak badan. Sedangkan keadilan secara umum, timbal balik dengan pemerintah, kepentingan pribadi, ketentuanketentuan yang berlaku khusus,struktur tarif pajak secara bersamaan/simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak badan hal ini dibuktikan dari hasil uji yang dilakukan menunjukan bahwa nilai signifikan f sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Skripsi (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keadilan secara umum, timbal balik dengan pemerintah, kepentingan pribadi, ketentuan-ketentuan yang berlaku khusus, struktur tarif pajak dan perilaku kepatuhan wajib pajak badan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: S.Kom Tzauri wahdi
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:56
Last Modified: 12 Mar 2020 02:56
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item