ANALISIS REPRESENTASI SISWA DALAM MEMAHAMIKONSEP BARISAN DAN DERET ARITMETIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

Zein, Arifatul Melinda (2021) ANALISIS REPRESENTASI SISWA DALAM MEMAHAMIKONSEP BARISAN DAN DERET ARITMETIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Sarjanathe thesis, UNIVERSITAS MADURA.

[img]
Preview
Text
2017620013_ARIFATUL MELINDA ZEIN.pdf - Accepted Version

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa MA Sumber Payung dalam memahami konsep barisan dan deret aritmetika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang melibatkan 2 siswa kelas XIMA Putri Sumber Payung dengan kemampuan matematika tingi dan rendah sebagai subjek penelitian. Pengambilan data dengan cara memberikan tes kemampuan matematika yang terdiri dari 10 soal berbentuk uraian dan tes kemampuan representasi matematis 1 dan 2 yang masing-masing terdiri dari 3 soal berbentuk uraian kemudian mewawancarai siswa untuk menggali kemampuan representasi matematis siswa dalam memahami konsep barisan dan deret. Analisis data dilakukan berdasarkan data hasil tes tertulis dan data hasil wawancara. Kemudian dilakukan triangulasi untuk menghasilkan data dari subjek penelitian. Hasil yang diperoleh siswa dengan kemampuan matematika tinggi kelas XIMA Putri Sumber Payung dalam memahami konsep barisan dan deret aritmetika adalah berupa representasi persamaan/ekspresi matematika, dimana siswa bisa membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan, menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, dan representasi kata-kata/teks tertulis siswa bisa menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam suatu data atau informasi , sehingga dalam menjawab soal menyertakan kesimpulan dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Siswa berkemampuan matematika rendah dalam memahami konsep barisan dan deret aritmetika adalah berupa representasi persamaan/ekspresi matematika, dimana siswa bisa membuat persamaan atau model matematika dalam menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis hanya saja kurang baik dalam menggunakannya, dan representasi kata-kata/teks tertulis siswa bisa menuliskan interpretasi atau suatu representasi, menyusun cerita yang sesuai dengan suatu representasi yang disajikan, menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis cukup baik

Item Type: Skripsi (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Representasi, memahami konsep, barisan dan deret aritmetika
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Dwi Istiaanah Yono
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:53
Last Modified: 23 Feb 2022 02:53
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item