KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK (e-KTP) DI KANTOR KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN

Erfan, Efendi (2017) KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK (e-KTP) DI KANTOR KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan pemerintah adalah dalam bidang administrasi kependudukan. Kualitas pelayanan dalam bidang administrasi kependudukan pada umumnya mendapat perhatian dari masyarakat sebagai pelanggan. Hal ini karena pelayanan yang sering digunakan oleh masyarakat adalah dalam bidang ini. Sehingga kualitas pelayanan administrasi kependudukan dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik yang dilaksanakan pemerintah pada umumnya. Untuk itulah judul penelitian yang diambil penulis adalah “Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-Ktp)Di Kantor Kecamatan PalengaanKabupaten Pamekasan”. Fokus penelitian ini adalah pada prosedur pelayanan kependudukan, tanggapan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pelaksanaan pemberian pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun yang menjadi indikator variabel kualitas pelayanan dalam penelitian ini adalah hal-hal kehandalan (reliability), jaminan (assurance), ), daya tanggap (responsiveness)dan bukti langsung (tangibles). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada masyarakat secara aksidental, wawancara kepada sejumlah aparat kecamatan yang dianggap mewakili dalam bidangnya, dan dokumentasi tertulis lainnya. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa prosedur pelayanan yang dilaksanakan telah sesuai dengan ketentuan. Prosedur telah cukup sederhana dan mudah untuk dilaksanakan. Tanggapan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang selama ini diterima telah baik. Hal ini berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan terhadap sepuluh indikator kualitas pelayanan di atas. Faktor yang mempengaruhi terdiri dari dua yaitu faktor pendukung berupa dukungan dan komitmen dari pimpinan Daerah dan kualitas sumber daya aparat yang baik. Sedangkan faktor penghambat berupa kurangnya fasilitas pelayanan dan rendahnya kesadaran masyarakat itu sendiri. Untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan diperlukan komitmen yang baik dari aparat dalam melaksanakan tugas. Selain itu perlunya pembenahan terhadap sarana dan prasarana agar pelayanan dapat lebih optimal. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelengkapan administrasi kependudukan maka diperlukan upaya pemberian informasi dan penyuluhan melalui desa-desa. Dengan demikian kualitas pelayanan akan lebih baik dan dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 04:45
Last Modified: 10 Mar 2019 04:45
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item