ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VI SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPERASI PENGURANGAN BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

MUFARROHAH, ANIYATUL (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VI SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPERASI PENGURANGAN BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. Sarjanathe thesis, UNIVERSITAS MADURA.

[img] Text
SKRIPSI MAT_2017620010_ ANIYATUL MUFARROHAH.pdf - Accepted Version

Download (546kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sarana penting untuk mengetahui kemajuan suatau bangsa dalam suatu Negara. Indonesia sebagai Negara berkembang masih mempunyai masalah besar mengenai pendidikan, salah satunya ialah lemahnya proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika. Siswa kebingungan dalam memahami masalah matematika dalam bentuk soal cerita sehingga siswa tersebut merasa kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan khususnya pada pokok bahasan operasi pengurangan bilangan bulat positif dan negatif. Menurut Polya, pemecahan masalah memuat empat langkah fase penyelesaian yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali. Salah satu cara untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika yaitu berdasarkan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam merespon suatu masalah yang diklasifikasikan menjadi lima level berbeda dan bersifat hirarkis yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Oleh sebab itu dilakukan penelitian tentang analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah operasi pengurangan bilangan bulat positif dan negatif berdasarkan taksonomi SOLO, yang hasilnya bisa dijadikan dasar bagi guru matematika, untuk mrngantisipasi agar siswa tidak merasa kesulitan yang sama pada masa mendatang. Penelitian ini dilakukan di SDN Pangarengan 1 pada kelas unggulan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI sebanyak 2 orang yang dipilih sesuai dengan criteria pada penelitian ini yaitu siswa dengan jenis kelamin yang sama dan kemampuan yang relatif sama dengan kesulitan dalam memcahkan masalah yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui letak dan jenis kesulitan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah operasi pengurangan bilangan bulat positif dan negatif berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes dan wawancara sebanyak dua kali, kemudian hasil tes dan wawancara pertama akan di triangulasi dengan tes dan wawancara kedua dalam upaya mendapatkan data valid sehingga dapat dianalisis sebagai hasil dari penelitian ini. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesulitan dan jenis kesulitan dari subjek penelitian dalam memecahkan masalah operasi pengurangan bilangan bulat positif dan negatif berdasarkan taksonomi SOLO adalah sebagai berikut : a) Letak kesulitannya Letak keulitan yang dilakukan oleh siswa dalam memecahkan masalah operasi pengurangan bilangan bulat positif dan negatif sebagai berikut : (1) Kesulitan memahami masalah : tidak merasa kesulitan dalam memahami masalah yang diberikan; (2) Kesulitan merencanakan penyelesaian : mengalami kesulitan pada langkah merencanakan penyelesaian karena tidak menuliskan simbol serta tidak memberikan kesimpulan pada akhir jawaban serta merasa kesulitan dalam melakukan proses perhitungan dalam menjawab soal.; (3) Kesulitan menyelesaikan masalah sesuai rencana : tidak merasa kesulitan pada langkah menyelesaikan masalah sesuai rencana karena dapat mengerjakan soal yang diberikan sesuai dengan langkah-langkah pengerjaan, akan tetapi terdapat kekurangan pada langkah hal apa yang ditanyakan pada soal; (4) Kesulitan melakukan pengecekan kembali : dapat melakukan pengecekan dengan tepat, akan tetapi belum bisa memberikan kesimpulan pada akhir jawaban (solusi) dengan tepat. b) Jenis kesulitanya Jenis kesulitan yang dilakukan oleh siswa dalam memecahkan masalah operasi penguragan sebagai berikut : (1) Kesulitan Konsep, yaitu tidak menuliskan simbol dengan benar, tidak atau kurang dalam menuliskan cara pengerjaan dalam menjawab soal operasi pengurangan bilangan bulat positif dan negatif serta terdapat sedikit kekurangan dalam memberikan kesimpulan pada akhir jawaban; (2) Kesulitan Prinsip, yaitu ketidaksesuaian prinsip antara jawaban yang diperoleh dengan perintah atau pertanyaan yang diberikan soal; (3) Kesulitan Komputasi, yaitu kesulitan perhitungan dalam menyelesaikan soal dikarenakan siswa kurang teliti dalam menghitung.

Item Type: Skripsi (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan, Masalah Polya, Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Positif dan Negatif, dan Taksonomi SOLO.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Dwi Istiaanah Yono
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:46
Last Modified: 25 Feb 2022 03:15
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item