ANALISIS COMMOGNITIVE SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NON RUTIN

LUTFIYAH, LUTFIYAH (2021) ANALISIS COMMOGNITIVE SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NON RUTIN. Sarjanathe thesis, UNIVERSITAS MADURA.

[img] Text
SKRIPSI MAT_2017620008_LUTFIYAH.pdf - Accepted Version

Download (422kB)

Abstract

Dalam dunia ilmu pengetahuan , matematika merupakan dasar yang kuat, karena tidak satu cabang ilmupun yang tidak melibatkan matematika. Yang dalam artian bahwa setiap mata pelajaran pasti melibatkan atau menggunakan mata pelejaran matematika. Istilah matematika sangat populer dalam masyarakat khususnya para siswa. Hal yang wajib diberikan kepada siswa adalah meningkatkan pemahamn dan penanaman konsep yang tepat karena hal tersebut erat kaitannya dengan istilah komunikasi dan kognitif. Yang mana di tergabung menjadi satu yaitu commognitive. Commognitive terbagi menjadi empat komponen antara lain adalah ; word use, visual mediator, narrative dan routine. Siswa dapat menggunakan Word use seperti halnya pada saat (menggunakan kata-kata yang tepat untuk menyampaikan pemahaman, menuliskan kembali yang diketahui, simbo dan lainnya), visual mediato (menggunakan objek yang atau media yang tepat berupa permisalan dalam menyelesaikan soal), narrative (menyelesaikan soal dengan secara urut berdasarkan pemahamannya), routine (menggunakan konsep-konsep dengan tepat). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui commognitive siswa dalam menyelesaikan soal non rutin pada pkok bahasan aljabar kelas di MTs AZ-ZUBAIR Sumber Anyar Larangan tokol. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VIII MTs AZ-ZUBAIR sebanyak 3 orang yang dipilih sesuai kriteria pada penelitian ini. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes dan wawancara. Wawancara tersebut direkam kemudian hasilnya ditranskripkan dan dikodekan. Teknik triangulasi teknik dengan uji kredibilitas yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan dalam penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa commognitive siswa dalam menyelesaikan soal non rutin pokok bahasan aljabar sebagai beriku: Word use: siswa dapat menggunakan word use yaitu dengan memahami soal, menentukan yang diketahui dan di tanyakan dalam soal.Visual mediator: siswa tidak dapat permisalan dan gambaran penyelesaian yang berbedaNarrative: Dalam strategi yang di susun terdapat perbedaan, siswa yang tepat saat memilih strategi akan menghasilkan jawaban yang benar begitupun sebaliknya. Routine: Siswa melakukan strateginya sesuai dengan pemahan yang dimiliki.

Item Type: Skripsi (Sarjana)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Dwi Istiaanah Yono
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:03
Last Modified: 25 Feb 2022 03:09
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item