BISSU SEBAGAI IDENTITAS GENDER KELIMA MASYARAKAT SULAWESI SELATAN DALAM NOVEL TIBA SEBELUM BERANGKAT KARYA FAISAL ODDANG

UTAMI, IKRIMAH ZIA (2021) BISSU SEBAGAI IDENTITAS GENDER KELIMA MASYARAKAT SULAWESI SELATAN DALAM NOVEL TIBA SEBELUM BERANGKAT KARYA FAISAL ODDANG. Sarjanathe thesis, UNIVERSITAS MADURA.

[img] Text
SKRIPSI_PBI_2016610013_IKRIMAH ZIA UTAMI.pdf - Accepted Version

Download (716kB)

Abstract

ABSTRAK Utami, Ikrimah Zia. 2016610013. 2021. Bissu sebagai Identitas Gender Kelima Masyarakat Sulawesi Selatan dalam Novel Tiba Sebelum Berangkat karya Faisal Oddang.Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura. Pembimbing : Anisa Fajriana Oktasari, S.S, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan salah satu identitas gender yang ada di Sulawesi Selatan dalam novel Tiba Sebelum Berangkat karya Faisal Oddang yaitu Bissu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif . Peneliti menggunakan teknik studi pustaka untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Sedangkan pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan strukturalisme genetik menggunakan konsep fakta kemanusiaan dan pandangan dunia. Hasil dari penelitian ini adalah identitas Bissu yang dibagi menjadi lima subbab, yaitu : (1) Proses menjadi Bissu , proses ini melalui dua jalan, yaitu anugerah lewat mimpi, dan keinginan sendiri untuk menjadi Bissu. (2) Pernikahan, mereka tidak menikah dan tidak boleh menyukai lawan jenis. (3) Regenerasi, Mereka mendapatkan penerus Bissu dari para Calabai yang ditakdirkan untuk menjadi Bissu dan mereka yang tertarik ingin menjadi Bissu. (4) Kepercayaan, para Bissu memiliki kepercayaan terhadap Dewwata Sewwae. dan (5) Pekerjaan. Mereka hanya mengabdikan hidupnya untuk masyarakat, melaksanakan upacara adat, merias pengantin, menyembuhkan orang sakit, dan sebagainya. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan pandangan masyarakat Sulawesi Selatan di dalam novel Tiba Sebelum Berangkat. Pandangan masyarakat terdiri atas dua aspek, yaitu menerima dan menolak.

Item Type: Skripsi (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bissu, identitas gender kelima masyarakat Sulawesi Selatan, Tiba Sebelum Berangkat
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Dwi Istiaanah Yono
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:35
Last Modified: 08 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item