EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR (KIP)DI MA AN-NAJAH 1 KARDULUK KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP 2016

Ahmad, Jefri Afandi (2016) EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR (KIP)DI MA AN-NAJAH 1 KARDULUK KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP 2016. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Evaluasi kebijakan bertujuan untuk mengukur efektivitas dan dampak kebijakan yang dinilai adalah isi, implementasi, maupun dampaknya. Evaluasi kebijakan juga diperlukan pada waktu merumuskan alternatif-alternatif kebijakan.Salah satu kebijakan yang perlu dievaluasi yakni kebijakan pemerintah meluncurkan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang salah satu tujuannnya yakni meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah. Program KIP ini dilaksanakan di sebuah lembaga pendidikan yakni MA An-najah I Karduluk Sumenep. Oleh Karena itu, hal sedemikian menjadi hal yang menarik tersendiri bagi penulis untuk meneliti lebih lanjut tentang evaluasi kebijakan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) di MA An-najah I Karduluk . Penelitian ini bertujuan ini ingin memperoleh deskripsi yang objektif tentang kebijakan KIP di MA An-Najah 1. Salah satu prioritas dari kebijakan pembangunan pendidikan adalah untuk mencapai perluasan dan pemerataan kesempatan dalam memperoleh suatu pendidikan bagi anak didik.Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan model Evaluasi formatif dan Sumtif. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana perencanaan suatu program dan mengidentifikasi hambatan, serta pelaksanaan akhir ketercapaian program Kartu Indonesia Pintar (KIP)di MA An-Najah 1. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis secara deskriptif kualitatif. Dari analisis data yang dilakukan pada bab IV ditemukan bahwa kebijakan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) di MA An-Najah Iterjadi peningkatan partisipasi pendidikan terhadap siswa penerima program KIP dengan terdaftar di sekolah MA An-najah I Karduluk, angka keberlanjutan pendidikan dengan menurunnya angka putus sekolah dapat berjalan dengan sukses, pelaksanaan program KIP telah mengurangi kesenjangan antar kelompok masyarakat, dan program KIP yang diluncurkan pemerintah dapat memberikan harapan bagi bagi orang tua siswa agar anaknya dapat mengenyam pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Kartu Indonesia Pintar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 08:25
Last Modified: 10 Mar 2019 08:25
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item