RESPON MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERSALINAN OLEH BIDAN DAN DUKUN BAYI DI DUSUN KERENG DAN DUSUN KARANG DESA LARANGAN BADUNG KABUPATEN PAMEKASAN

Fitriatus, Sholehah (2017) RESPON MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERSALINAN OLEH BIDAN DAN DUKUN BAYI DI DUSUN KERENG DAN DUSUN KARANG DESA LARANGAN BADUNG KABUPATEN PAMEKASAN. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Setiap individu berhak dilahirkan secara sehat melalui persalinan. Bidan adalah tenaga medis untuk melayanani proses persalinan yang mempunyai izin praktek persalinan dan sudah tamat sekolah kebidanan. Penolong persalinan ada juga dari non medis yaitu dukun bayi. Dukun bayi memiliki pendidikan seperti orang biasa dan keahliannya diperoleh secara turun-temurun. Ada masyarakat yang takut menggunakan jasa dukun bayi karena peralatannya yang kurang lengkap. sedangkan masyarakat yang takut menggunakan jasa bidan karena takut operasi, dorongan keluarga dan tidak memiliki biaya. Angka kematian ibu dan anak di Indonesia masih tinggi, penyebabnya yaitu pemilihan tenaga penolong persalinan yang sering terlambat dan kurang tepat. Peneliti ingin mengetahui respon masyarakat di Dusun Kereng dan Dusun Karang Desa Larangan Badung Kabupaten Pamekasan terhadap kualitas pelayanan persalinan oleh bidan dan dukun bayi. Teori yang peneliti gunakan untuk mengukur respon masyarakat terhadap kualitas pelayanan persalinan yaitu menggunakan teori respon oleh Rosenberg dan Hovland yang terdiri dari respon kognitif, respon afektif, respon konatif dan teori kualitas pelayanan jasa yang dikemukakan oleh Philip Kotler yaitu berwujud, empati, keyakinan, keterampilan dan keadilan. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Dimana metode penelitian ini yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya dan dalam bentuk angka. Hasil r xy bidan 0,85 dan hasil r dukun bayi 0,87 maka dapat disimpulan bahwa korelasi antara variabel Respon Masyarakat (X)terhadap variabel Pelayanan Persalinan (Y) oleh bidan dan dukun bayi di Dusun Kereng dan Dusun Karang Desa Larangan Badung Kabupaten Pamekasan berada pada tingkat tinggi yaitu antara 0,800 – 1,00. Dari perbandingan menunjukkan bahwa nilai r xy xy < r tabel maka H yaitu diduga respon masyarakat pada kualitas pelayanan dukun bayi lebih baik dari pada respon masyarakat terhadap kualitas pelayanan bidan dapat diterima, sedangkan H yaitu diduga tidak ada perbedaan respon masyarakat pada kualitas pelayanan persalinan oleh bidan dan dukun dukun bayi, ditolak. 0 Melihat dari hasil data penghitungan diatas dapat disimpulkan bahwa di Dusun Kereng dan Dusun Karang Desa Larangan Badung, respon masyarakat terhadap pelayanan persalinan dukun bayi lebih tinggi dari pada respon masyarakat terhadap kualitas pelayanan bidan. a

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon Masyarakat, Kualitas Pelayanan, Bidan, Dukun Bayi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 08:27
Last Modified: 10 Mar 2019 08:27
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item