KINERJA ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN SDN LARANGAN BADUNG 2 KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN

Vivin, Widiyawati (2017) KINERJA ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN SDN LARANGAN BADUNG 2 KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
BARU SKRIPSI.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi baik besar maupun kecil bukan semata ditentukan oleh sumber daya alam yang tersedia, akan tetapi banyak ditentukan oleh sumber daya manusia yang berperan. Berdasarkan temuan dilapangan terdapat permasalahan dimana kualitas sumber daya manusia masih kurang memberikan nilai positif kepada masyarakat sehingga perlu di evaluasi terkait kinerja organisasi lembaga pendidikan SDN Larangan Badung 2 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan dengan tujuan dapat memberikan masukan bagi pemerintah setempat khususnya bagi atasan maupun bawahan yang berada di ruang lingkup tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berbagai macam aspek terkait kinerja organisasi khususnya lembaga pendidikan dimana teori yang dipakai lebih difokuskan pada teori Dwiyanto dalam bukunya Pasolong. Dimana ada beberapa indikator yang dipakai dalam penilaian suatu kinerja organisasi yaitu: Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana dilakukan di lembaga pendidikan SDN Larangan Badung 2 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Untuk memperoleh sumber data yaitu menggunakan teknik purposive sampling, teknik penentuan informan berdasarkan kriteria yang ditentukan peneliti dengan pertimbangan tertentu dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian di analisis melalui metode analisis deskriptif-kualitatif meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kinerja pegawai lembaga SDN Larangan Badung 2 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan sudah dapat dikatakan efektif. Kinerja pegawai tersebut dilihat dari beberapa indikator kinerja, pertama : Kinerja pelayanan sudah baik, sudah sesuai dengan tupoksi nya masing-masing sehingga lebih produktif, dari sikap para pegawai dalam memberikan pelayanan sudah bersikap ramah, murah senyum, baik, sopan, sudah ada kesesuaian antara tanggapan yang diberikan oleh pegawai terhadap harapan dan aspirasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, aparatur sudah sangat bertanggung jawab terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan dan sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi yang ada, kinerja pegawai sudah memiliki tanggung jawab yang besar, dalam memberikan pelayanan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Melihat berbagai aspek dapat dilihat bahwa kinerja lembaga pendidikan sudah bisa dikatakan baik, perlu di pertahankan dan ditingkatkan supaya lembaga pendidikan tersebut lebih mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kinerja, produktifitas, organisasi, administrasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 09:05
Last Modified: 10 Mar 2019 09:05
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item