EFEKTIVITAS ORGANISASI DALAM PELAYANAN E-KTP DI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG

Sri, Wahyuni (2017) EFEKTIVITAS ORGANISASI DALAM PELAYANAN E-KTP DI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik dapat dikatakan efektif apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat dan tepat waktu. Keberhasilan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan publik yang ditentukan oleh faktor kemampuan pemerintah dalam meningkatkan disiplin kerja aparatur pelayanan. dalam hal ini Pemerintah Kecamatan Sampang dalam mewujudkan displin kerja dalam upaya meningkatkan Efektivitas Organisasi dalam Pelayanan e-KTP. Permasalahan yang ditemukan bahwa di Kecamatan Sampang banyak masyarakat mengalami kekecewaan mengenai kecepatan dan kurang keadilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga permasalahan yang menjadi Kajian Teori dari penelitian ini”Bagaimana Efektivitas Organisasi dalam Pelayanan e-KTP di Kecamatan Sampang”? tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Organisasi dalam Pelayanan e-KTP di Kecamatan Sampang. Landasan teori yang menggunakan Edy Sutrisno Efektivitas merupakan keberhasilan organisasi pada umumnya di ukur dengan konsep efektivitas. Dalam penelitian menggunakan indikator pendapat Richard M. Steers yang terdiri dari pencapaian tujuan adalah keseluruhan upaya pencapaian tujuan harus di pandang sebagai suatu proses, Integrasi adalah pengukuran tingkat kemampuan suatu organisasi, dan Adaptasi adalah kemampuan organisasi untuk menyesuaian diri dengan lingkungan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif penelitian menggunakan purposive sampling dalam menentukan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi. Data kualitatif terdapat 3 alur kegiatan yang digunakan oleh peneliti, yaitu proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektiviatas Organisasi dalam Pelayanan eKTP di Kecamatan Sampang sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat pada indikator pencapaian tujuan, Integrasi dan Adaptasi. Namun ada indikator pada pelayanan yang diberikan petugas pelayan e-KTP di Kecamatan Sampang yang belum sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dan masyarakat yaitu indikator adaptasi pada sarana dan prasarana yang belum lengkap yang perlu ditingkatkan. Kesimpulan dari penelitian ini Efektivitas Organisasi dalam Pelayanan e-KTP di Kecamatan Sampang pada tahun 2017 cukup efektif. Saran dari penelitian untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan yang efektif terhadap masyarakat tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lain serta selalu bersikap sopan santun dalam melayani, dan memberikan himbauan atau penyuluhan kepada masyarakat agar mengerti akan pentingnya kepemilikan e-KTP serta menjelaskan prosedur dan syarat-syarat pengurusan surat-surat agar masyarakat yang kurang mengerti tidak kebingungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Organisasi, Pelayanan Publik, Kecamatan Sampang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 09:09
Last Modified: 10 Mar 2019 09:09
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item