KUALITAS PELAYANAN PENAMBAHAN DAYA BAGI PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) RAYON PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN

Sugeng, Hariyanto (2017) KUALITAS PELAYANAN PENAMBAHAN DAYA BAGI PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) RAYON PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Era globalisasi saat ini menunjukkan adanya proses perubahan ke arah yang lebih maju sehingga menuntut organisasi/perusahaan untuk membuka diri terhadap beragam tuntutan perubahan dan berupaya untuk menyusun strategi serta berbagai kebijakan sesuai dengan lingkungan baru. Dengan meningkatkan dan mengembangkan jasa pelanggan semaksimal mungkin akan tercapai suatu kepuasan pelanggan dalam menggunakannya. Jika masyarakat tidak mendapatkan kepuasan tersebut, maka akan menimbulkan persepsi negatif akan pelayanan dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan penambahan daya bagi pelanggan PT. PLN (Persero)Rayon Pamekasan yang dilihat dari tangible (bukti fisik), reability (keandalan), responsiveness (tanggungjawab), assurance (jaminan), emphaty (empati). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, mengadakan reduksi data, melakukan penyusunan dalam satuansatuan, mengadakan pemeriksaan keabsahan data, dan menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan penambahan daya bagi pelanggan PT. PLN (Persero)Rayon Pamekasan Kabupaten Pamekasan Pamekasan dinilai baik. Pelayanan yang diberikan oleh PLN sesuai prosedur dan sangat jelas. Pelanggan merasa aman dan nyaman karena jaminan yang diberikan oleh pihak PLN, dan petugas memiliki komuikasi yang baik kepada pelanggan sehingga pelanggan merasa sangat diperhatikan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat peneliti simpulkan bahwa kualitas pelayanan penambahan daya bagi pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon Pamekasan Kabupaten Pamekasan dinilai baik, maka penulis menyarankan perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan publik di PT. PLN (Persero) Rayon Pamekasan agar dapat memaksimalkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 09:12
Last Modified: 10 Mar 2019 09:12
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item