KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOWEL KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN

Suhar, tono (2017) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOWEL KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN. Sarjana thesis, Universitas Madura.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Puskesmas merupakan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan teknologi tepat guna dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Upaya kesehatn tersebut dapat diselengagarakan dengan menitik beratkan kepada pelyanan untuk masyrakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan . Sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar indeks kepuasan masyarakat peneliti menggunakan keputusan MEN.PAN Nomer:63/KEP/M.PAN/7/2003 yang kemudian dikembangkan menjadi 14 unsur sebagai berikut: (1) Prosedur Pelayanan (2) Persyaratan Pelayanan (3) Kejelasan Petugas Pelayanan (4) Kedisiplinan Petugas Pelayanan (5)Tannggung Jawab Petugas Pelayanan (6) Kemampuan petugas Pelayanan (7) Kecepatan Petugas Pelayanan (8)Keadilan Mendapat Pelayanan (9) Kesopanan dan Keramahan Petugas (10)Kewajaran biaya Pelayanan (11) Kepastian Biaya Pelayanan (12)Kepastian Jadwal Pelayanan (13) Kenyamanan Lingkungan (14) Keamanan Pelayanan. Pada penelitian ini penelti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif menurut moleong bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek peneliti, bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam memandang peristiwa secara keseluruhan dalam konteksnya dan mencoba memperoleh pemahaman yang lebih luas dari memandang hasil penelitian. Pengumpulan data dapat diperoleh dari pukesmas kowel, teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, peneliti menggunakan sumber data dari langkah langkah kata dan tindakan, purposive sampling, dan mempunyai teknik analisa data menurut bogdan dan biklen. Beradasarkann hasil penelitian puskesmas kowel mempuanyai visi dan misi mewujudkan masyarakat di wilayah kerja puskesmas kowel sehat secara mandiri dan berkualitas dan mempunyai prosedur layanan yang sudah cukup baik, persyaratan layanan sudah pencapaian sasaran sudah tepat, kejelasan pelayanan pukesmas kowel sudah jelas dengan prosedur yang ada, kedisiplinan petugas pelayanan sudah cukup disiplin dalam pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan sudah memuaskan masyarakat, kemampuan petugas layanan memiliki tupoksi yang cukup tanggap kepada pasien, kecepatan pelayanan masih kurang maksimal, keadilan mendapatkan pelayanan sudah dikatakan adil karena tidak membedakan status golongan, kesopanan dan keramahan sudah melayani dengan sopan, ramah, menghormati masyarakat, kewajaran biaya layanan sudah dikatan wajar karena tidak memberatkan pasien, kepastian jadwal layanan sudah jelas dan sudah di sosialisasikan melalui lintas sector, kenyamanan ligkungan sudah memberikan fasilitas yang nyaman dan aman, keamanan pelayanan sudah aman dan sudah terjamin untuk penjagaan dan pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian dari 14 indikator sebagai unsur minimal untuk dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat puskesmas kowel kecamatan pamekasan kabupaten pamekasan sudah dapat dikatakan baik, sarannya yang perlukan dan ditingkatkan dari kecepatan pelayanan dikarenakan kurangnya pegawai diruangan administrasi.

Item Type: Skripsi (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kecepatan pelayanan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Unnamed user with email simat@unira.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2019 09:49
Last Modified: 10 Mar 2019 09:49
URI: http://repository.unira.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item